Selasa, 03 Juli 2018

NASIHAT QODLO DAN QADAR



Pernah ga sih berpikir kenapa iman kepada Qodlo dan Qadar menjadi pembahasan penting bahkan bagian dari rukun iman?
.
Secara pemaknaan, tidak diragukan kaum muslim telah memahami bahwa keimanan kepada qodlo dan qadar Allah artinya menuntut kita senantiasa meyakini segala sesuatu berasal dari Allah dan terjadi karena kehendak Allah.
.
Tapi secara praktik, tak bisa dipastikan bahwa seluruh muslim,  bahkan seorang teralim sekalipun mampu senantiasa kuat menjaga kualitas iman kepada qodlo dan qodar ini.
.
Pembahasan esensi imam kepada Qodlo dan qadar yang pernah saya ikuti masih saja menjadi pembahasan paling menempel dan membekas di hati saya. Saya bahkan saat itu berulang kali menangis setiap kali selesai ngaji masalah ini karena saya merasa amat jauh dari keimanan hakiki atas aspek qodlo dan qodar Allah. 

Kita bisa jadi pernah menyalahkan Allah atas keburukan yang menimpa, padahal bisa jadi ada kebaikan dibaliknya yang tidak bisa dilihat oleh manusia lemah, tergantung dan terbatas seperti kita ini. Mulai dari perkara paling simpel,  jerawat nagkring di wajah,  sampai kepada perkara besar kehilangan orang yang dicintai. Kita mudah sekali mengeluh,  kesal, tidak terima dan bahkan bisa sampai show up hingga di status WA atau IG.
Memang kita selalu diuji. Selalu diuji. Selalu diuji. Setiap hari kita selalu dihadapkan banyak perkara yang menguji iman kita pada aspek ini.
.
Kenapa sekarang saya kembali mengingat masalah ini.  Karena hari ini saya mampu belajar dari turunnya hujan. Hujan adalah rahmat. Tapi seringkah anda mendengar orang-orang yang mengeluhkan hujan, tidak ridho dg turunnya hujan?
Astagfirullah, begitu mudahnya manusia khilaf. Tapi begitu baiknya Allah masih membuka ruang ampunan.

Hanya saja bukankah manusia terbaik adalah manusia yang senantiasa memperbaiki diri? Maka jika kita amat sering bersikap demikian,  sudah saatnya kita mulai berubah dengan terus berusaha bersabar. Tukarlah keluhan dengan pikiran positif serta doa kepada Allah untuk mendatangkan kebaikan atas ujian tersebut.
.
Tulisan ini hanya sebuah pelajaran kecil untuk mudah-mudahan bisa menjadi renungan dan pengingat.
.
Karena..
.
Agama adalah nasihat (HR.  Muslim)

0 komentar:

Posting Komentar